INOVASI DISRUPTIF DALAM PENDIDIKAN: PEMBELAJARAN MUTAKHIR UIN SIBER SYEKH NURJATI CIREBON
Keywords:
Inovasi Disruptif; Pembelajaran Mutakhir; Literasi dan Keterampilan BaruAbstract
Perkembangan digital telah masuk ke ruang-ruang pembelajaran dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pendidikan abad 21. Adalah IAIN Syekh Nurjati sebagai satu-satunya perguruan tinggi keagamaan Islam yang akan bertransformasi menjadi universitas siber yang mencoba melakukan penerapan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif berbasis grounded theory dan upaya menjawab langkah-langkah yang akan dilakukan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, inovasi apa yang akan atau telah diadopsi dan apa yang ingin dicapai dari pembelajaran disruptif dalam menyambut transformasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IAIN Syekh Nurjati Cirebon telah berikhtiar dengan menghadirkan inovasi disruptif melalui pengalaman belajar berbasis siber bagi mahasiswa melalui pembukaan Jurusan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) sehingga diharapkan lulusan memiliki literasi data digital dan literasi teknologi serta keterampilan berpikir kritis (berpikir kritis), kreativitas (kreativitas), kolaborasi (kolaborasi), komunikasi (komunikasi), berpikir komputasional (cara berpikir komputasional) dan kasih sayang (empati dan aksi peduli).
