Implementasi IMPLEMENTASI P5 BANGUNLAH JIWA RAGANYA MENGGUNAKAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PENDIDIKAN ISLAM
IMPLEMENTASI P5 BANGUNLAH JIWA RAGANYA MENGGUNAKAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka dalam konteks Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema "Bangunlah Jiwa Raganya" dalam pendidikan Islam. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana penerapan tema tersebut dalam kurikulum dapat mempengaruhi pembentukan karakter dan perkembangan kompetensi siswa. Penelitian ini juga meneliti efektivitas penerapan model Project-Based Learning (PBL) dalam pelaksanaan proyek P5. Penggunaan model PBL memungkinkan siswa mengembangkan kreativitas dan kemandirian, karena mereka diberi kebebasan untuk mengolah ide dan melaksanakan berbagai kegiatan proyek secara mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, diskusi, dan penelitian langsung di lapangan (field research). Data dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang diharapkan dapat memberikan wawasan berguna untuk pengembangan kurikulum yang lebih relevan dengan kebutuhan pendidikan di masa depan serta memberikan kontribusi dalam pemahaman penguatan profil pelajar Pancasila melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Hasil implementasi menunjukkan bahwa siswa tidak hanya dapat memahami pentingnya menjaga kesehatan jiwa dan raga, tetapi juga mengembangkan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi PBL dalam Kurikulum Merdeka dapat menjadi strategi yang efektif dalam membangun kompetensi siswa sesuai dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dalam konteks pendidikan Islam.